Tips Liburan Hemat ke Jogja Tanpa Harus Menguras Kantong Anda

Saat liburan long weekend tak sedikit dari kita yang sudah memiliki angan-angan untuk menghabiskannya dengan berwisata. Memiliki rencana liburan tentu harus mempersiapkan budget yang akan dikeluarkan. Tujuan wisata yang paling pas untuk liburan adalah ke Jogjakarta. Selain karena keanekaragaman kultur dan budayanya yang sangat kuat, kota yang terkenal dengan sebutan kota Gudeg ini juga sangat bersahabat dengan kantong. Tentu tidak ingin bukan, setelah liburan selesai kita malah meratapi nasib keuangan kita yang menipis.

Siapa yang menganggap Jogja membosankan?. Percayalah jika kamu menganggap Jogja membosankan berarti kamu belum mengeksplorasi kota yang satu ini. Hampir setiap bulan muncul tempat wisata baru di kota pelajar ini. Di Jogja kamu bisa mengeksplorasi mulai dari pantai, gunung, gua, keraton, pusat perbelanjaan, hingga kuliner Jogja yang tak ada matinya. Berikut ini ada beberapa tips liburan ke Jogja tanpa harus menguras kantong. Untuk itu simak tips-tips berikut ini:

  • Memilih penginapan.

Di Jogja terdapat banyak sekali penginapan dengan harga yang terjangkau yang biasanya terletak di dekat pusat keramaian kota. Banyak hotel-hotel dengan tarif sewa kamar mulai dari Rp60.000 saja untuk per malam namun sudah lengkap dengan kamar yang nyaman serta minuman hangat di pagi hari. Pilihlah penginapan yang memberikan harga maksimal Rp100.000, namun ada baiknya utama terlebih dahulu untuk kenyamanannya.

  • Transportasi yang murah.

Ada beberapa obyek wisata di Jogja yang tidak bisa dilewati transportasi umum. Untuk itu kita bisa menyewa sepeda motor pada jasa rental motor dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp50.000 untuk 24 jam. Jika kita bepergian dengan jumlah rang lebih dari 2 orang, pilihan menyewa mobil lebih disarankan. Untuk tarif sewa rata-rata Rp175.000 untuk 12 jam. Dengan pilihan transportasi yang murah ini, tentu kita tidak akan khawatir lagi tentunya untuk mengeksplor kota Jogja.

  • Makanan yang murah meriah.

Liburan terkadang menghabiskan biaya banyak di konsumsi. Tapi jangan khawatir, Jogja memiliki banyak makanan yang dijual dengan harga yang lumayan murah. Untuk menghemat biaya liburan, kita bisa membeli makanan di angkringan yang tidak kalah enaknya dari restoran. Untuk satu bungkus nasi kucing hanya seharga Rp1.000 saja dengan berbagai pilihan lauk dari mulai gorengan, sate tusuk yang masih bisa dikatakan murah. Jika ingin memakan makanan khas Jogja yaitu Gudeg, kita bisa menemukannya dengan mudah di pinggiran jalan Malioboro.

  • Obyek wisata yang murah.

Banyak obyek wisata murah di Jogja, antara lain Taman Sari, Keraton Yogyakarta, Benteng Vredeburg, Kampung Gudeg Wijilan, dan masih banyak lagi.

  • Foto dokumentasi.

Liburan tidak akan lengkap tanpa berfoto-foto. Di Jogja banyak tempat wisata yang dilengkapi dengan jasa foto cetak di tempat sebagai kenang-kenangan. Untuk menghemat biaya, membawa kamera atau smartphone sendiri juga tidak ada salahnya. Pastikan jika menggunakan jasa foto cetak di tempat, kamu harus pandai-pandai menawar siapa tahu akan mendapatkan harga yang sangat murah.

  • Berbelanja hemat.

Belanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah bisa kamu dapatkan di penjaja sekitar Malioboro. Usahakan menawar untuk mendapatkan harga yang murah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *