Tips Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri dengan Aman dan Menyenangkan

Anda tentu sudah tahu jika liburan akhir tahun kali ini cukup panjang, ada long weekend yang bisa dimanfaatkan berlibur ke luar negeri. Namun jika berada di luar negeri, idealnya minimal 2 minggu agar bisa menikmati dengan baik dan tidak lagi mengalami jetlag (perbedaan waktu). Berlibur ke luar negeri memang jadi mimpi banyak orang, karena bisa melihat apa yang ada di belahan dunia lainnya, bukan tidak cinta dengan tanah air namun melihat hal berbeda tentu akan membuat pikiran lebih fresh dan bisa mendapatkan pengalaman baru.

Hal pertama yang harus ditentukan dari liburan ke luar negeri adalah tujuan, mana saja negara yang akan dikunjungi. Inilah poin penting yang biasanya tidak terpikirkan, jika memang ingin pergi hanya berdua dengan pasangan dan jadi pengalaman ke luar negeri pertama kalinya, sebaiknya ikut dalam rombongan tour. Sehingga tidak mengikuti jadwal dan bisa berlibur bersama dengan rombongan, namun ini sangat membatasi pergerakan.

Jika ingin liburan yang berkesan dan bebas, sebaiknya menikmatinya sendiri. Dari pada ikut dalam rombongan tour dengan waktu dan tempat yang ditentukan, sehingga kurang menikmati wisata luar negeri yang sudah jadi impian tersebut. Untuk itu, mulai dari sekarang mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan saat liburan ke luar negeri:

  • Pastikan paspor masih berlaku. Sudah jelas membutuhkan paspor sebagai tanda pengenal sekaligus identitas di luar negeri, karena kartu tanda penduduk (KTP) tidak akan berlaku di luar negeri. Pastikan jika masa berlaku paspor masih panjang, sehingga bisa bebas berwisata tanpa ada masalah dengan pihak imigrasi.
  • Urus visa tujuan wisata 3 bulan sebelum keberangkatan. Memilih wisata ke negara eropa, maka harus mengurus izin tinggal yang disebut visa. Masa kunjungan wisatawan ke suatu negara di batasi tidak lebih dari 3 bulan, bahkan beberapa negara membatasi maksimal hanya 2 minggu karena di khawatirkan pekerja ilegal berkedok wisatawan. Pengurusan visa cukup rumit, sehingga setelah memutuskan negara tujuan, daftarkan visa ke kedutaan terkait.
  • Beli tiket pesawat pulang pergi. Pergi ke luar negeri sebaiknya menggunakan pesawat terbang, memang banyak backpacker menggunakan kapal laut, ini akan menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Penting sekali untuk membeli tiket pulang pergi bersamaan, sehingga tidak akan melewati jadwal kepulangan. Promo akhir tahun banyak memberikan diskon khusus untuk tiket pesawat ke luar negeri, harganya sangat terjangkau namun dengan syarat pembelian langsung pulang pergi.
  • Buat itinerary selama liburan. Terlalu menikmati semua hal di luar negeri, membuat banyak orang tidak mau pulang atau meninggalkan satu tempat. Itulah sebabnya setiap liburan harus membuat itinerary terlebih dahulu, jadwalkan mana saja tempat yang akan dikunjungi dan berapa lama akan tinggal.
  • Tukarkan mata uang negara tujuan di Indonesia. Sebelum berangkat ke luar negeri, sebaiknya melakukan penukaran mata uang asing negara tujuan terlebih dahulu. Memang bisa melakukan penukaran di bandara, namun harganya jauh lebih tinggi. Jangan sampai menyusahkan diri sendiri dengan mencari penukaran uang di negara tujuan, karena bisa jadi mendapatkan uang palsu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *