Tips dan Trik Menjadi Seorang Tour Guide Tempat Wisata yang Profesional

Pernahkah Anda melihat beberapa orang yang berada pada sebuah tempat wisata baik dalam negeri maupun luar negeri yang selalu mendampingi dan menjelaskan para wisatawan mengenai tempat yang sedang dikunjungi. Orang yang berprofesi seperti itu sering disebut dengan tour guide, jadi memang mereka bekerja dibidang pariwisata yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menyewanya untuk menemani selama liburan berlangsung. Umumnya mereka bekerja pada salah satu tour travel yang sedang menangani paket wisata ke sebuah daerah.

Bisa Anda bayangkan sendiri bekerja sebagai tour guide akan sangat mengasyikkan karena hampir setiap hari berpergian ke tempat-tempat wisata. Tetapi untuk menjadi seperti itu bukanlah hal mudah, Anda harus menempuh pendidikan pariwisata terlebih dahulu atau khususnya pada bidang guide. Nah, berikut ini tips dan trik menjadi seorang pemandu wisata yang professional yaitu:

  • Tentukan lokasi yang Anda inginkan.

Pertama Anda bisa memilih terlebih dahulu lokasi yang diinginkan, misalnya di pulau Bali. Nah, secara otomatis Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja hal yang berkaitan mengenai pariwisata, budaya, makanan, dan apapun tentang Bali. Tetapi Anda juga bisa memilih hanya satu lokasi misalnya pada candi Prambanan atau destinasi lainnya.

  • Cari informasi pendidikan tour guide.

Untuk sekarang ini Anda yang bukan lulusan sekolah kejuruan pariwisata tetap bisa melakukan pekerjaan tersebut. Tetapi memang harus menempuh pendidikan singkat terlebih dahulu mengenai guide. Misalnya cara penyampaian, cara pemberian salam, atau cara berkomunikasi lainnya kepada para wisatawan.

  • Selalu pelajari destinasi favorit Anda.

Sembari melakukan program pendidikan atau training ditempat pelatihan tour guide Anda harus tetap belajar mengenai destinasi favorit yang Anda inginkan. Kuasai segala hal yang berhubungan dengan tempat tersebut dan wajib diketahui oleh masyarakat luas sebagai para wisatawan.

  • Tambahan pembelajaran.

Yang paling inti dari cara berkomunikasi seorang guide yaitu menggunakan bahasa Indonesia dan juga Inggris. Tetapi Anda bisa menambah pelajaran dengan mencari informasi semua bahasa yang ada di dunia sedikit demi sedikit. Hal itu tentunya akan memudahkan Anda saat menerima wisatawan mancanegara yang tidak bisa menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu pendapatan Anda akan lebih besar karena mampu dalam beberapa bahasa.

  • Cari link yang banyak.

Jika Anda memilih menjadi tour guide pribadi atau tidak memilih bekerja pada salah satu tempat tour and travel akan lebih mudah mencari tambahan uang.

Pada intinya menjadi seorang pemandu wisata itu harus humble, ramah dan juga mempunyai cara berkomunikasi yang baik. Entah itu dengan bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Prancis, Mandarin atau lainnya. Dengan penguasaan berbagai bahasa tersebut Anda bukan hanya dapat menjadi seorang pemandu yang professional tetapi berkesempatan menjadi seorang penerjemah yang mempunyai bayaran sangat tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *