Ini Dia Beragam Jenis Kuliner Khas Pulau Derawan yang Harus Anda Cicipi

Tak ada habisnya berbicara keindahan alam Indonesia yang sangat mempesona. Anda pasti setuju kalau Indonesia menjadi salah satu surga alam tersembunyi di daratan Asia. Walaupun masih banyak lokasi wisata yang kalah tenar dengan Bali, nyatanya tempat-tempat tersebut tak kalah memukau. Sebut saja pulau Derawan yang terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Termasuk gugusan kepulauan Derawan, pulau ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sungguh indah. Setidaknya ada sekitar 870 jenis hewan atau biota laut yang hidupnya di dalamnya. Bahkan beberapa diantaranya merupakan hewan langka yang sulit dijumpai di tempat lain.

Bila dibandingkan dengan Raja Ampat, biota laut di pulau Derawan jauh lebih banyak. Hal ini karena perairan Derawan terletak pada pertemuan laut tenang dan dalam. Ini merupakan tempat yang paling nyaman untuk hidup para biota laut dari berbagai jenis. Untuk mencapai pulau Derawan sendiri cukup sulit, mengingat jalur transportasi yang masih dalam tahap pengembangan. Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Kalimantan, Anda harus rela menempuh perjalanan udara, darat hingga laut untuk sampai kesini. Tapi jangan khawatir, karena sudah banyak rute penerbangan yang khusus melayani para penumpang dengan tujuan kabupaten Berau.

Sesampainya di bandara Berau, Anda bisa menumpang sebuah travel untuk sampai ke pelabuhan. Dari sini Anda akan menumpang sebuah kapal penyeberangan yang akan mengantarkan ke pulau tujuan. Dalam gugusan kepulauan Derawan sendiri, ada 4 pulau yang saling berdekatan, yaitu pulau Kakaban, Derawan, Sangalaki, dan Maratua. Semua pulau tersebut wajib Anda kunjungi selama berada di Kalimantan Timur. Di sekitar pulau sendiri sudah banyak penduduk yang sengaja menyewakan rumahnya sebagai homestay atau penginapan. Jadi Anda tak perlu terlalu khawatir dengan logistik serta akomodasi di kepulauan Derawan.

Menghabiskan waktu di pulau Derawan takkan lengkap tanpa mencoba snorkeling dan diving. Aktivitas olahraga air ini akan membawa Anda mengamati kehidupan hewan asli Derawan. Beragam jenis ikan berwarna-warni, ubur-ubur yang tak menyengat dan penyu menjadi pemandangan umum disini. Bila beruntung Anda bisa melihat kura-kura berumur ratusan tahun saat berada di kedalaman laut. Selain menjajal olahraga air, Anda pun bisa mencicipi beragam kuliner menarik khas pulau Derawan, yakni:

  • Tehe-tehe

Aneh bukan nama makanan yang satu ini? Meskipun aneh, jangan berburuk sangka dengan rasa yang ditawarkan. Tehe-tehe berasal dari bulu babi laut yang bagian dagingnya dimasak dengan campuran nasi. Rasanya sendiri cukup gurih dan lezat, terutama disantap saat masih dalam keadaan hangat.

  • Kima-kima

Kima adalah sejenis karang besar yang kerap dijumpai di perairan Derawan. Karang tersebut diolah dengan bumbu bercitarasa segar khas penduduk setempat. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, lidah Anda akan diajak bergoyang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *