Tips Berwisata Aman dan Nyaman Menggunakan Bus Wisata

Berwisata bukan hanya menjadi waktu liburan yang bisa dilakukan bisa tidak. Berwisata juga sebenarnya merupakan kebutuhan untuk menjaga suasana hati dan merefreshkan pikiran bahkan tenaga. Tak selalu memerlukan banyak uang untuk bisa melakukan wisata. Dengan dana terbatas, Andapun bisa berwisata dengan aman dan nyaman. Salah satu caranya adalah dengan berwisata menggunakan bus umum atau bus wisata. Sekarang ini juga banyak tour dan travel agent yang membuka wisata tour ke beberapa tempat untuk banyak orang sekaligus dengan menggunakan bus wisata.

Harga paket wisata dengan bus wisata umumnya lebih terjangkau dibandingkan paket wisata dengan pesawat. Hal ini disebabkan umumnya lokasi wisata lebih dekat dan berada di dalam negeri sehingga biayanya lebih murah. Meski lebih terjangkau namun tetap saja memerlukan persiapan lebih sehingga Anda tetap merasa aman dan nyaman menggunakan bus tak kalah dari wisata menggunakan pesawat di tempat yang lebih jauh. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dipraktekkan bagi Anda yang hendak berwisata menggunakan bus wisata:

  • Catat baik-baik waktu kumpul.

Menggunakan bus wisata berarti banyak penumpang lain yang akan bepergian bersama Anda. Pastinya ada jadwal khusus yang harus dipatuhi semua anggota sehingga tidak mengganggu jadwal semua peserta wisata. Sebaiknya Anda mencatat baik-baik jadwal keberangkatan dan jadwal wisata agar tidak tertinggal atau tersesat dari rombongan wisata yang lain.

  • Bawa barang secukupnya.

Bagasi bus memiliki kapasitas kecil yang digunakan untuk menampung semua barang bawaan seluruh penumpang. Karenanya bawalah barang yang diperlukan saja sehingga penempatan koper atau tas Anda bisa lebih mudah dijangkau. Selain itu membawa barang yang lebih sedikit akan memudahkan Anda untuk membawanya.

  • Bawa obat mabuk perjalanan.

Rute wisata yang mungkin berbelok-belok dan cara mengemudi sopir bus bisa menyebabkan Anda mengalami mabuk perjalanan. Untuk menghindarinya sebaiknya hindari makan sebelum berangkat dan sediakan obat anti mabuk perjalanan. Selain menolong diri sendiri, mungkin Anda bisa menolong orang lain yang memerlukannya.

  • Bawa selimut atau jaket hangat.

Bus wisata umumnya menggunakan sistem pendingin yang baik untuk memberikan kenyamanan pada penumpang. Meski begitu jika Anda tak tahan terhadap suhu dingin, sebaiknya membawa selimut untuk digunakan di dalam bis. Selain selimut, Anda bisa membawa bantal portable dan jaket sehingga ketika melewati malam hari saat berada di bus, Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

Tips di atas bisa Anda lakukan da persiapkan sebelum naik ke bus untuk berwisata. Jangan lupa membawa makanan dan minuman ringan untuk menemani Anda melewati rute wisata. Sebisa mungkin duduklah dengan orang yang Anda kenal sehingga bisa menjalin komunikasi untuk menghilangkan rasa bosan ketika berada di dalam bus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *