Tips Nyaman Wisata Sendirian Agar Bisa Tetap Seru dan Menyenangkan

Wisata atau traveling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk melepas lelah dan kejenuhan dari aktivitas sehari-hari yang terkadang membuat waktu dan pikiran kita terporsir dan berdampak pada stress. Ada sebagian besar orang yang senang melakukan traveling bersama teman-temannya ataupun bersama keluarganya. Tapi tidak sedikit juga yang lebih senang dengan traveling sendirian tanpa ditemani siapapun atau istilahnya mbolang.

Traveling sendirian bisa memberikan sensasi tersendiri. Kita tidak harus berkompromi dengan mengikuti kemauan siapapun dan bebas menentukan tujuan kemana akan melangkah. Meskipun sendirian, traveling jenis ini bukan berarti kesepian. Karena justru dari traveling sendirian ini, kita bisa lebih fokus mengenal tempat-tempat baru maupun teman-teman baru selama perjalanan, alih-alih jika biasanya kita hanya dengan teman satu group.

Takut dan kekhawatiran tentu ada bagi mereka yang belum pernah melakukan traveling sendirian seperti ini. Hal ini manusiawi, mengingat jika kita traveling sendirian secara tidak langsung kita berpetualang dengan mengandalkan diri sendiri apalagi jika dalam keadaan tersesat dalam perjalanan. Kemampuan diri sendiri dalam menanganinya tentu harus dimiliki. Namun, hal ini jangan dijadikan halangan untuk mencoba traveling jenis ini.

Berikut ini tips agar kamu merasa nyaman dan aman walaupun traveling sendirian, diantaranya yaitu:

  • Pastikan sebelum berangkat, jauh-jauh hari sudah melakukan riset mulai dari harga tiket, penginapan, jam operasional kendaraan umum, spot-spot rawan kejahatan atau pencopetan. Kita bisa melakukan riset dari blog-blog traveler ataupun forum yang bisa dipercaya, misalnya forum backpacker.
  • Buatlah perencanaan anggaran dan agenda untuk perjalananmu dengan selengkap mungkin. Pastikan kamu membuat perencanaan yang matang dari mulai kegiatan awal bangun tidur sampai agenda tempat yang dikunjungi seharian itu dengan memperhatikan anggaran dana yang dibutuhkan.
  • Mulailah belajar untuk mengepak barang bawaan menjadi seringkas mungkin. Traveling sendirian tentu tidak akan ada yang membantumu untuk membawakan barang bawaan saat kelelahan. Jadi, mulailah belajar mengepak barang seefisien mungkin dan seperlunya saja.
  • Usahakan sampai di kota wisata yang dituju pada pagi atau siang hari. Dengan tiba pagi atau siang hari, tentunya akan lebih memudahkan untuk mencari penginapan dan juga masih banyak tersedia layanan transportasi umum yang beroperasi.
  • Buat peta kecil sebagai panduan untuk menuju penginapan atau tempat tujuan di kota wisata yang ingin dituju. Buat peta kecil pada note untuk panduanmu. Bisa juga menggunakan aplikasi map pada handphone. Hindari membawa peta besar dan membukanya di tempat umum, hal ini akan nampak mencolok di tempat asing. Bersikaplah seakan-akan seperti warga lokal.
  • Memisahkan antara uang tunai dengan kartu ATM dan dokumen penting. Selama berwisata, simpan uang tunai dengan kartu ATM dan dokumen penting seperti passport, KTP di tempat yang berbeda.
  • Buat daftar nomor telepon dari kota wisata tujuan. Buatlah daftar nomor telepon dari kota yang dituju mulai dari tempat penginapan, rumah sakit dan kantor polisi. Bisa dimasukkan pada catatan kecil ataupun disimpan langsung pada kontak handphone.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *